0
Minum Kopi Tiap Hari Bisa Cegah Risiko Serangan Jantung

Anda penyuka kopi? beruntunglah. Sebuah riset yang dilakukan oleh tim cardiovascular dari rumah sakit Kangbuk Samsung di Seoul, Korsel menyatakan bahwa meminum kopi satu hingga tiga kali sehari dapat menurunkan resiko serangan jantung.

Memang banyak orang memperdebatkan mengenai hal ini, banyak yang mengira bahwa kopi justru memicu serangan jantung. Namun, dalam studi tersebut dijelaskan dari 25 ribu relawan pria dan wanita usia 35-45 tahun dibedakan menjadi tiga kelompok.

Kelompok 1 adalah mereka yang meminum kurang dari 1 cangkir kopi setiap hari bahkan tak minum memiliki rasio kalsium 0,77, kelompok kedua peminum satu hingga tiga cangkir per hari memiliki rasio kalsium 0,66, kelompok tiga yang mengonsumsi tiga sampai lima cangkir per hari memiliki rasio kalsium 0,59 sedangkan peminum lebih dari lima kali sehari memiliki rasio hingga 0,81.

Dan disimpulkan tidak meminum kopi sama sekali juga tak baik untuk kesehatan jantung karena sistem saraf pusat tidak dapat terangsang sehingga mudah melemah serta beresiko lemah jantung.

Meminum kopi lebih dari lima gelas juga tak baik karena akan memicu kerja jantung menjadi lebih keras dan menimbulkan perasaan gelisah, sering buang air kecil. Selain itu endapan kopi dapat menjadi plak di bagian pembuluh arteri sehingga mengeras dan sempit yang memicu serangan jantung atau stroke.

Idealnya minum kopi sehari satu-tiga cangkir yang akan membawa efek pencegahan serangan jantung hingga 20%.

"Lewat studi ini kami menambahkan bukti bahwa konsumsi kopi yang tepat dapat menyelamatkan jantung anda," kata salah satu peneliti.

Posting Komentar Blogger

 
Top