0
Chappie (2015)

Sebuah kota di Afrika Selatan bernama Johannesburg terkenal dengan tingkat kriminalitasnya yang tinggi, baik itu perampokan, pembunuhan, perdagangan obat-obat terlarang, sehingga polisi pun dibuat kewalahan. Hingga di tahun 2016, sebuah terobosan yang dilakukan oleh perusahaan Tetravaal yang dipimpin oleh Michelle Bradley (Sigourney Weaver) yaitu memproduksi Scout, robot berbahan titanium dan anti-retas yang membantu tugas polisi untuk membasmi kejahatan sipil, dan berhasil mengatasi kejahatan sipil hingga titik minimum.

Robot yang diciptkan oleh Deon Wilson (Dev Patel) ini sukses besar dan dipesan secara massif oleh kepolisian Johannesburg. Namun di satu sisi, proyek robot Moose, robot berukuran raksasa dengan persenjataan lengkap bikinan Vincent Moore (Hugh Jackman) semakin diujung tanduk. Di tempat lain, seiring kegagalan mengantar narkoba pesanan Hippo (Brandon Auret), trio penjahat yaitu Ninja (Watkin Tudor Jones), Yolandi (Yolandi Visser), dan Amerika (Jose Pablo Cantillo) diultimatum untuk mengembalikan sejumlah uang kepada Hippo dalam waktu 7 hari, atau mereka akan dihabisi. Terdesak akan hal tersebut, terbesitlah gagasan untuk menculik Deon Wilson, yang diharapkan bisa “mematikan” Scout agar memuluskan rencana perampokan mereka.

Sementara itu, Deon Wilson melakukan eksperimen dengan membuat program agar robot bisa berpikir, belajar dan merasa, persis seperti manusia, dan eksperimennya berhasil dan mencoba memohon kepada Michelle Bradley untuk dilakukan ujicoba ke salah satu Scout, namun dia menolak. Alhasil, secara illegal Deon Wilson membawa salah satu Scout yang akan dimusnahkan (Scout 22) sebagai kelinci percobaannya. Di tengah perjalanan, Deon Wilson diculik oleh trio penjahat tadi dan memaksanya untuk membuat robot yang bisa merampok. Dengan terpakasa, Deon Wilson menggunakan Scout 22 yang dia bawa plus program hasil eksperimennya, dan lahirlah Chappie (Sharlto Copley). Layaknya bayi, Chappie belajar satu demi satu hal. Ia bahkan belajar memanggil Yolandi sebagai Mommy, Ninja sebagai Daddy, dan Deon sebagai Makers (Pencipta). Deon Wilson berpesan kepada Chappie agar tidak boleh berkelakuan jahat. Ninja yang tidak sabar segera mengajari Chappie untuk menjadi seorang penjahat, termasuk dengan membohongi Chappie bahwa yang mereka rampok adalah orang jahat yang harus dibuat “tidur”.

Vincent Moore yang menemukan fakta bahwa Deon Wilson membawa salah satu Scout (Chappie) dan kunci pengaman untuk mengatifkan Chappie , segera dia memburu Chappie dan berhasil mendapatkan kunci tersebut. Dia mempergunakan kunci tersebut untuk menyabotase program dari Scout, sehingga seluruh Scout di seluruh penjuru kota Johannesburg mati mendadak, ditambah dengan penampkan Chappie di televisi yang merampok, Vincent Moore memanfaatkan situasi ini untuk meyakinkan Michelle Breadley untuk mengatifkan robot buatannya bernama Moose untuk memusnahkan Chappie. Bagaimana Chappie serta Deon Wilson mengatasi kekacauan tersebut ?

Walau secara tema dirasa “berat”, namun eksekusinya film ini justru lebih “ringan” dan menghibur ketimbang 2 film Blomkamp terdahulu, karena entah disengaja atau tidak, film ini terlampau sederhana sehingga kita pun mudah mencerna pesan-pesan humanis yang ada di film ini. Background music yang dihadirkan oleh grup hip-hop Die Antwoord yang unik memberikan warna “ceria” di film Chappie ini. Sejujurnya tema “pencarian jati diri” di kalangan robot ini sudah jamak diangkat, yang paling terkenal tentu saja film Artifical Intellegence bikini Steven Spielberg itu, namun Blomkamp menghadirkan sedikit modifikasi,  menghadirkan film science fiction tentang robot yang mencari jati diri di suatu tempat yang “kumuh nan kotor”, bukan utopia, yang justru hal tersebut merupakan suatu “oase” di ranah genre sci-fi. Di satu sisi kehadiran film ini mempertegas posisi Neill Blomkamp sebagai  spesialis pembesut film science fiction yang realistis nan humanis, namun di sisi lain Neill Blomkamp perlu berinovasi agar penonton tidak bosan denga formula yang itu-itu saja, apalagi Neill Blomkamp baru saja memegang tampuk sutradara untuk film terbaru Alien terbaru.

Nilai: 7/10

Sutradara:
Pemain: , ,

Posting Komentar Blogger

 
Top