0
Mengenal Lebih Dekat Penyakit Unik Myasthenia Gravis

Penyakit Myasthenia Gravis ini merupakan salah satu penyakit langka. Penyakit ini adalah penyakit autoimun yang ditandai dengan fluktuasi kelemahan otot, menyerang hampir semua otot dan dapat membuat orang menjadi cepat lelah dan lemah, Kesulitan Berjalan, pandangan terlihat double, kelopak mata terlihat turun, dan tidak bisa mengunyaj dan menelan. Orang yang terkena penyakit ini seperti terserang lumpuh.

Myasthenia Gravis secara bahasa artinya kelemahan otot serius. Kata Myathenia Gravis berasal dari bahasa Yunani , Myo artinya Otot, Asthenia artinya kelemahan, dan dari bahasa latin Gravis artinya 'berat atau serius'

Ada beberapa cara yang menyebabkan penyakit ini dapat berakibat fatal. Salah satunya adalah tersedak karena kelemahan otot saat menelan.

Apakah penyakit ini dapat menyebabkan seseorang meninggal?

Bisa dikatakan penyakit ini bisa menyebabkan seseorang meninggal namun bisa juga tidak. Namun, ada beberapa faktor yang sangat fatal hingga dapat menyebabkan penyakit ini sangat berbahaya. Diantaranya:

1. Gagal Napas.
2. Tersedak.
3. Terjatuh.
4. Efek samping penggunaan obat.

Sebagaimana diketahui bahwa penyakit ini dapat membuat lemah otot-otot yang ada pada tubuh manusia. Saat otot pernapsan manusia diserang oleh antibodi yang jahat, pasien akan mengalami kelemahan otot pernapsan yang sangat parah dan ini merupakan kondisi terburuk bagi pengidap Myasthenia Gravis. Apabila seseorang terserang penyakit ini pada saluran pernapasan biasanya mereka akan merasakan seperti hidung dan mulutnya tertutup rapat sehingga tidak bisa bernapas.

Selain itu ada juga yang dapat berakibat fatal yaitu saat tersedak. Myasthenia Gravis dapat berakibat fatal adalah tersedak dan mengakibatkan saluran pernapsan akan tersumbat atau infeksi paru-paru yang gawat. Myathenia Gravis juga akan melemahkan otot-otot di dalam mulut anda, bicara Anda akan seperti terlihat cadel dan sengau.

MG bisa mempengaruhi segala otot di seluruh tubuh, termasuk otot wajah, leher, tenggorokan, lengan atas, paha bahkan yang mengancam jiwa jika mempengaruhi kelemahan pada otot dada yang mengakibatkan gagal napas.

Mengenal Lebih Dekat Penyakit Unik Myasthenia Gravis

Gejala-gejala yang khas pada MG antara lain:
1. Kelopak mata 'jatuh' (ptosis)
2. Pandangan kabur atau penglihatan ganda (diplodia) karena otot yang mempengaruhi gerakan mata terpengaruhi
3. Kesulitan menelan
4. Kesulitan bicara, tiba-tiba sengau atau cadel
5. Kepala lunglai
6. Kesulitan senyum
7. Kesulitan mengangkat lengan ke atas kepala
8. Kesulitan berdiri dari posisi duduk
9. Kesulitan menaiki tangga
11. Memendeknya pernapasan pada saat menghembuskan napas
12. Kesulitan bernapas pada tidur telentang
13. Jika kondisinya berat, seluruh pernapasan dapat terhenti.

Mengenal Lebih Dekat Penyakit Unik Myasthenia Gravis
Ada beberapa fakta menarik tentang penyakit unik ini.

1. Myasthenia Gravis (MG) biasanya menyerang wanita dibawah 40 tahun dan pria lansia di atas 60 tahun, akan tetapi tidak menutup kemungkinan pada usia berapa saja.

2. Penyakit MG ini menyerang semua oto pasien yang digunakan untuk bergerak.

3. Penyakit MG ini biasanya menyerang titik persambungan antara saraf dan otot.

4. Gejala penyakit MG bisa dipengaruhi oleh berbagai hal diantaranya sakit, kelelahan, cuaca, hormon, stress dan faktor lainnya.

5. Musim panas atau kemarau bisa jadi lebih berat buat orang dengan penyakit MG.


Posting Komentar Blogger

 
Top