0
Matthew Youlden, Polyglot yang Menguasai 9 Bahasa dengan Sangat Lancar

Matthew Youlden berbicara sembilan bahasa dengan lancar dan memahami selusin lebih bahasa lain. Orang seperti dia dikenal sebagai polyglot, anggota elit multibahasa yang berbicara enam atau lebih bahasa dengan lancar. Dia juga seorang sociolinguist yang mempelajari revitalisasi bahasa-bahasa minoritas.

Tetapi jika melihat dia berbahasa setiap hari menunjukkan bahwa dia lebih dari seorang polyglot. Matthew, yang berasal dari Manchester, Inggris, adalah "bunglon bahasa": Orang Jerman akan berpikir dia orang Jerman, Orang Spanyol akan berpikir dia orang Spanyol, orang Brasil akan berpikir dia orang Portugis (dia bangga berbicara dalam berbagai bahasa Eropa klasik). Secara otodidak, Matthew telah menguasai sejumlah bahasa dengan memanfaatkan ketekunan, semangat dan keterbukaan pikiran. Jika polyglot klasik adalah seorang yang kutu buku, yang mempelajari bahasa dengan menggunakan seluruh waktunya, maka Matius berbeda.

Menurut Matthew, semakin banyak bahasa yang Anda kuasai, semakin luas pandangan yang Anda miliki, "Saya pikir setiap bahasa memiliki cara tertentu dalam melihat dunia. Jika Anda berbicara satu bahasa, maka Anda memiliki cara yang berbeda untuk menganalisis dan menafsirkan dunia dari pembicara dari bahasa lain. Bahkan jika mereka berbicara dalam bahasa yang nyaris sama seperti Spanyol dan Portugis, mungkin sampai batas tertentu pembicara dapat saling dimengerti, tetapi sesungguhnya pada saat yang sama mereka berasal dari dua dunia yang berbeda - dua pola pikir yang berbeda. "Oleh karena itu, setelah belajar bahasa lain, saya tidak mungkin memilih hanya satu bahasa , saya tidak ingin membatasi kemungkinan untuk bisa melihat dunia dengan cara yang berbeda. Tidak dalam satu cara, tetapi dalam banyak cara yang berbeda. Jadi gaya hidup monolingual, bagi saya, adalah yang paling menyedihkan, yang kesepian, cara yang paling membosankan melihat dunia. Ada begitu banyak keuntungan dari belajar bahasa; Aku benar-benar tidak bisa memikirkan alasan untuk  tidak mempelajari bahasa lain."

Video berikut menunjukkan keterampilan Matthew berbicara dalam bahasa Irlandia, Perancis, Spanyol, Catalan, Portugis, Italia, Ibrani dan Jerman.

Posting Komentar Blogger

 
Top