0
5 Gejala Saat Tubuh Kekurangan Magnesium

Selama ini banyak orang yang meremehkan pentingnya mengonsumsi makanan yang kaya magnesium. Padahal magnesium juga dibutuhkan oleh tubuh. Kekurangan magnesium bisa menyebabkan banyak masalah untuk kesehatan.

Ketika kekurangan magnesium, tubuh akan mulai menunjukkan beberapa tanda sebagai berikut, seperti dilansir oleh Daily Health Post (04/03).

1. Kram otot
Magnesium adalah mineral yang diperlukan untuk membuat otot rileks. Ketika tubuh kekurangan magnesium, tubuh akan lebih mudah mengalami masalah otot, seperti kram, kesulitan bergerak, dan lainnya. Jika ini terus berlanjut, kram bisa memicu insomnia.

2. Kontraksi jantung yang tak normal
Kekurangan magnesium juga memiliki efek negatif untuk otot jantung. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal di Jerman, magnesium membantu menjaga detak jantung dan kontraksi jantung agar lebih teratur. Ketika tubuh kekurangan magnesium, tubuh akan lebih mudah mengalami detak jantung yang tak stabil. Dalam jangka panjang ini bisa memicu serangan jantung dan stroke.

3. Depresi
Lebih dari seabad yang lalu, dokter selalu memberikan suplemen magnesium pada pasien yang mengalami depresi. Kini peneliti menemukan bahwa depresi bisa dipicu oleh kekurangan magnesium. Sebuah penelitian pada tahun 2013 yang diterbitkan dalam jurnal Pharmacological Reports juga menunjukkan bahwa suplemen magnesium efektif untuk mengontrol depresi.

4. Telinga berdenging
Tinnitus, adalah kondisi tak menyenangkan pada telinga yang ditengarai dengan sensasi telinga berdenging. Tinnitus terkadang disebabkan oleh infeksi. Namun juga bisa disebabkan oleh kekurangan magnesium.

5. Batu ginjal
Kebanyakan orang percaya bahwa batu ginjal bisa disebabkan oleh kelebihan kalsium. Meski begitu, penelitian juga menunjukkan bahwa kekurangan magnesium juga bisa memicu batu ginjal.

Itulah beberapa masalah kesehatan yang bisa muncul akibat tubuh kekurangan magnesium. Jika Anda mulai mengalami masalah di atas, sebaiknya segera penuhi kebutuhan magnesium Anda. Magnesium bisa didapatkan dari makanan seperti pisang atau suplemen.

Posting Komentar Blogger

 
Top