0
Tips Membuat Motivation Letter

Salah satu dokumen aplikasi beasiswa yang sering diminta adalah motivation letter atau surat motivasi. Apa sebenarnya motivation letter?

Motivation letter serupa dengan personal statement. Hanya saja fungsinya cenderung berbeda. Motivation letter lebih banyak diminta untuk aplikasi beasiswa.
Keberadaan motivation letter ini sangat besar pengaruhnya bagi dewan juri dalam memutuskan siapa yang berhak memperoleh beasiswa.

Ceritakan siapa Anda
Pada saat memulai menulis motivation letter, di paragraf awal, Anda bisa menceritakan secara singkat siapa diri Anda. Gambarkan kondisi sebenarnya dalam bentuk deskripsi, sehingga audience yang tidak lain dewan juri bisa memahami siapa pemohon yang sedang mereka seleksi. Tidak perlu panjang namun jelas.

Mengapa Anda pantas memperoleh beasiswa
Poin kedua ini cukup penting bagi penilaian dewan juri. Mengapa Anda pantas memperoleh beasiswa dan mengapa harus Anda. Uraikan di motivation letter beberapa alasan mengapa Anda layak mendapatkan beasiswa tersebut. Apa kelebihan Anda, sehingga selayaknya dewan juri memilih Anda sebagai salah satu penerima beasiswa.

Mengapa memerlukan beasiswa 
Ada beberapa program beasiswa yang meminta pemohon menulis motivation letter yang salah satu poinnya adalah alasan pelamar membutuhkan beasiswa. Biasanya ini ditemukan pada beasiswa yang sifatnya bantuan, terutama mereka yang terkendala finansial atau berasal dari keluarga kurang mampu.

Minat dan tujuan Anda 
Hal lain yang bisa Anda muat di motivation letter adalah minat dan tujuan Anda. Jelaskan mengapa Anda begitu tertarik dengan beasiswa yang ditawarkan. Apa yang ingin Anda capai. Misalnya ada sebuah beasiswa MBA yang ditawarkan salah satu lembaga, karena beasiswa tersebut sangat sejalan dengan pekerjaan Anda, maka Anda berkeinginan melamarnya.

Rencana masa depan 
Poin terakhir ini juga penting Anda muat untuk menghasilkan sebuah motivation letter yang komprehensif. Uraikan rencana masa depan Anda jika nantinya berhasil menerima beasiswa tersebut dan apa yang akan Anda lakukan jika telah menyelesaikan studi.
Semoga bermanfaat :)

Posting Komentar Blogger

 
Top