0
4 Tanda Anda Dapat Mengatur Keuangan dengan Baik

Tidak peduli seberapa banyak anda menghasilkan uang dalam sebulan, anda bisa saja merasa tidak pernah cukup dengan uang yang anda miliki. Sebuah studi oleh Consumer Financial Protection Bureau, menemukan 4 faktor yang mengindikasikan bahwa anda telah mengelola finansial anda dengan baik.

Studi ini melibatkan wawancara terhadap 59 orang usia produktif dan 30 orang ahli di bidang finansial untuk mencari definisi tentang pengelolaan finansial yang baik.

Menurut studi tersebut, yang disebut "telah mengelola finansial dengan baik" meliputi 4 kriteria berikut:
1. Anda dapat membayar tagihan-tagihan anda tepat waktu tanpa harus mengkhawatirkan berapa uang yang anda miliki setelahnya.
2. Anda memiliki persiapan/cadangan keuangan untuk situasi darurat. Ketika anda menjumpai hal-hal yang bersifat mendadak, apapun itu, anda masih memiliki cadangan/tabungan. Mungkin saja ada teman atau keluarga yang meminjam uang kepada anda, mungkin anda kehilangan pekerjaan, kebutuhan berobat atau operasi yang mendadak. Siapa yang tahu apa yang akan terjadi di depan.
3. Anda memiliki rencana keuangan untuk setiap tujuan & keinginan anda.
4. Anda memiliki kebebasan secara finansial untuk menikmati hidup. Anda dapat mengambil liburan, jalan-jalan, menyenangkan keluarga dan teman, semau anda.

Jika anda telah mencapai ke empat kriteria tersebut, selamat, anda tidak perlu terlalu stress memikirkan masalah keuangan. Untuk anda yang belum mencapai kriteria di atas, jadikan ke empatnya menjadi tujuan anda ke depan.

Anda dapat membaca studi tersebut di Financial well-being: The goal of financial education

Posting Komentar Blogger

 
Top