0
5 Tips Mendaftar untuk Beasiswa dan Dermasiswa

Kuliah ke luar negeri membutuhkan dana yang tidak sedikit, tetapi bukan berarti mimpi Anda untuk kuliah ke luar negeri tidak bisa menjadi kenyataaan karena halangan ekonomi. Anda bisa mencoba mencari bantuan dana dari beasiswa dan dermasiswa. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mulai mencari beasiswa dan dermasiswa:

1. Cari tahu mengenai beasiswa dan dermasiswa apa saja yang tersedia

Tentunya sangat ramai yang mendaftarkan diri untuk beasiswa dan dermasiwa, jadi ada baiknya Anda mencari tahu beasiswa dan dermasiswa apa saja yang tersedia, syarat apa saja yang diajukan, dan mendaftarkan diri ke semua beasiswa dan dermasiswa yang Anda bisa penuhi kriteria untuk mendaftar. Anda bisa mencari ke universitas atau organisasi/badan tertentu.

2. Mulailah pencarian Anda sedini mungkin

Biasanya beasiswa dan dermasiswa menetapkan syarat tertentu seperti ujian bahasa, atau tes masuk tertentu, dimana Anda perlu menyiapkan diri sebelumnya. Semakin awal Anda memperoleh informasi ini, semakin banyak waktu Anda untuk mempersiapkan diri.

3. Perkirakan biaya hidup Anda

Anda akan diminta untuk mengisi formulir mengenai kisaran biaya yang Anda butuhkan. Anda bisa mencari informasi dari blog-blog mahasiswa, katalog universitas, dan sumber lainnya.

4. Menulis personal statement

Anda juga akan diminta untuk menulis personal statement (pernyataan pribadi) untuk disertakan dengan formulir pendaftaran. Di dalam personal statement tersebut Anda perlu memberikan alasan kenapa Anda berhak mendapatkan beasiswa/dermasiswa tersebut.

5. Siap untuk wawancara

Tergantung pihak penyelenggara, proses penilaian kelayakan untuk mendapatkan beasiswa bisa melibatkan presentasi dan wawancara, atau wawancara saja. Sama halnya dengan personal statement, wawancara bertujuan untuk menilai mengapa Anda lebih berhak mendapatkan beasiswa daripada kandidat lain.

Posting Komentar Blogger

 
Top