0
Beasiswa Penuh S1 di Jepang

Tiap tahun ada beraneka pilihan beasiswa kuliah S1 di Jepang yang terbuka bagi pelajar Indonesia. Mulai dari beasiswa Pemerintah Jepang, beasiswa kampus, sampai beasiswa dari perusahaan ataupun yayasan non-profit. Baru-baru ini giliran Mitsui-Bussan Scholarship program for Indonesia di buka. Beasiswa yang berikan peluang bagi lulusan SLTA di Tanah Air untuk membawa gelar sarjana dari Universitas-universitas Jepang. Beasiswa yang didanai Mitsui & Co. Ltd ini sediakan beasiswa penuh bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan & Kebudayaan Republik Indonesia & Persada.

Beasiswa kuliah S1 untuk studi di kampus Jepang dalam jangka waktu lima tahun enam bulan (5 ½ tahun) terhitung mulai sejak Oktober 2016 sampai Maret 2022. Rinciannya 1,5 tahun (18 bulan) dipergunakan untuk kursus bahasa Jepang dan 4 tahun untuk kuliah S1 di kampus Jepang.

Penerima beasiswa Mitsui-Bussan ini nantinya akan meraih tanggungan penuh budget studi, di antaranya tunjangan hidup bulanan sebesar 145.000 Yen, dana transportasi untuk tiket pesawat Jakarta-Jepang pp, tunjangan kehadiran sebesar 50.000 Yen, budget kuliah & kursus bahasa di Jepang, tempat tinggal, makan, transportasi lokal, dan lain-lain. Tidak kalah menarik pula disediakan beraneka tipe asuransi, seperti asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, maupun asuransi penerbangan.

Bidang studi :
1. Studi berkaitan sains & teknik (4 tahun kuliah), seperti :
Mathematics, Physics, Chemistry, Information dan Pc Science, Biology, Biophysics dan Biochemistry, Geology, etc.
Civil Engineering, Architecture, Urban Engineering, Environmental Engineering, etc. Mechanical Engineering, Precision Engineering, etc.
Ship Building dan Ocean Engineering, Aeronautics, etc.
Electrical Engineering, Electronics, Information dan Communication Engineering, etc. Metallurgy, Materials Science, etc.
Applied Chemistry, Chemical Engineering, etc.
Industrial Engineering, Factory dan Production Management, Plant Management, etc. Agricultural Engineering, Forest dan Fishery Science, Agricultural Chemistry, Agro biology, Food Engineering, etc.

*Pengecualian untuk ilmu kedokteran, farmasi, & kedokteran hewan

2. Studi mengenai ilmu sosial, business, & niaga (4 tahun kuliah), seperti :
Civil Law, Public Law, Political Science, etc.
Economic Theory, Economic History, Economic Policy, etc.
Enterprise Management, Accounting, Commerce dan Marketing, Finance, Insurance, Industrial Relations, Econometrics, International Economics, etc.

Persyaratan :
  1. Pelamar adalah warganegara Indonesia 
  2. Pelamar berumur kurang dari 20 thn terhadap 1 April 2016 & belum menikah. Kandidat terpilih mesti mempertahankan status lajang tersebut sewaktu masabeasiswa. 
  3. Pelamar sudah lulus SMA trayek IPA atau IPS bersama nilai paling rendah 70 atau lebih terhadap bagian studi berikut tatkala 3 tahun di SMA : 
    • IPA : Matematika, Fisika, Kimia, & Bahasa Inggris 
    • IPS : Matematika, Ekonomi, Geografi, & Bahasa Inggris. 
  4. Pelamar berkeinginan menggali ilmu bahasa Jepang & menerima pendidikan di kampus Jepang dalam bahasa Jepang 
  5. Sehat jasmani & rohani, pun tak terserang penyakit

Pendaftaran :
Ada dua tahapan pengajuan beasiswa S1 Jepang Mitsui-Bussan 2016. Perdana, pelamar diminta mendaftar dengan cara online di www.mbkscholarship-id.com. Mengisi kolom yang diminta untuk pendaftaran online tersebut. Setelah itu teliti email Anda untuk konfirmasi. Sesudah aktif log in lagi ke situs tersebut untuk melengkapi formulir pendaftaran online yang disediakan.

Sesudah menyelesaikan pendaftaran online, siapkan dokumen berikut untuk dikirim via pos :
  1. Fotokopi formulir pendaftaran sesudah pengisian data di web yang memperlihatkan nomer registrasi pelamar (1 lembar) 
  2. Pass photo ukuran 4×3 yang diambil dalam 6 bulan terakhir (2 lembar) 
  3. Nilai semester (dilegalisir) mulai sejak dari tahun Pertama, ke-2, & ke3 di SMA (1 lembar) 
  4. Fotokopi hasil nilai ujian akhir nasional (UAN) dilegalisir, seandainya telah keluar (1 lembar) 
  5. Surat rekomendasi dari kepala sekolah di SMA (dalam bahasa Inggris) (1 lembar)

*Catatan: Nomer registrasi harus dicantumkan (ditulis/diketik) di amplop berkas yang dikirim.

Kemudian kirimkan seluruh dokumen pendaftaran di atas ke alamat :

MITSUI-BUSSAN SCHOLARSHIP PROGRAM FOR INDONESIA
PERSADA : c/o Universitas Kampus Darma Persada (UNSADA)
Jl. Radin Inten II (Terusan Casablanca), Pondok Kelapa,
Jakarta Timur 13450 , Indonesia
Telepon : (021) 8647373 Facsimile : (021) 86900241
http://www.sadanet.or.id/

Pengajuan pendaftaran paling lambat 4 Maret 2016. Pelamar yang lolos seleksi berkas nantinya dapat mengikuti sekian banyak step seleksi berikutnya. Seleksi perdana yaitu ujian tertulis (Matematika & Bahasa Inggris) yang digelar di Kampus Darma Persada terhadap 24 April 2016. Seterusnya seleksi step ke-2 yg meliputi tes bakat yang digelar di Kampus Indonesia 12 Mei 2016 dan cek kesehatan di Rumah Sakit Jakarta pada 13 Mei 2016.

Peserta yang lolos kemudian akan mengikuti seleksi step ke-3 adalah wawancara dengan pimpinan komite pada 21 Juni 2016 di PT Mitsui Indonesia Office. Mereka yang lolos step ini nantinya akan dinyatakan sebagai penerima beasiswa.

Posting Komentar Blogger

 
Top