0
Iptu Dhatiya Kapolsek Perempuan Termuda


Rotasi perwira di Korps Bhayangkara ternyata membawa Iptu Dhayita Daneswari menduduki posisi sebagai Kapolsek Candisari, Semarang, Jawa Tengah. Dara manis ini tercatat menjadi Kapolsek perempuan termuda di Pulau Jawa.

Dhayita kini berusia 23 tahun. Meski tergolong muda, bekal dan jalan berliku Dhayita untuk menjadi seorang Kapolsek juga tidak semudah dibayangkan. Usai lulus dari SMA Negeri 6 Kota Semarang jurusan IPA, perjalanan karier Dhayita diawali dengan mengenyam pendidikan di Akademi Kepolisian (Akpol) lulus tahun 2012.

"Memang, di usia muda adalah usia di mana masa-masa ingin menikmati kebahagiaan dan kesenangan hidup. Namun, sejak masuk ke Akpol karena sebagai taruna kita sudah diberikan pendidikan dengan konsekuensi bahwa masa muda kita akan dihabiskan dengan pengabdian dan kedisiplinan tinggi. Maka saya menyadari seluruh konsekuensi tersebut," ungkapnya, Rabu (14/10).

Usai lulus sebagai Angkatan 44 Wiratama Bhayangkara (WB) di Akpol tahun 2012, minat dan semangat belajarnya pun tak pernah surut dengan meneruskan pendidikan ke Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian - Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK-PTIK) di Jakarta, selama setahun.

Dinas pertamanya di lembaga Polri yaitu menjadi Kepala Unit (Panit) Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) di Mapolrestabes Semarang Jalan Dr Soetomo, Kota Semarang. Kemudian Iptu Dhayita bertugas di Panit Reskrim Polsek Tembalang Semarang sekaligus BKO pengasuh sekaligus Komandan Pleton (Danton) Polwan di Sekolah Polisi Negara (SPN) di Purwokerto, Jawa Tengah.

Tugas berikutnya Iptu Dhayita ditempatkan di Reskrim Polsek Tembalang lalu ke Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Polrestabes Semarang. Baru pada bulan September 2015, Iptu Dhayita dipercaya memimpin Polsek yang masuk kategori Prarural tersebut. Polsek Candisari merupakan Polsek baru yang masih menginduk ke Polsek Gajahmungkur.

Anak kedua dari empat bersaudara pasangan Ir Purboyo Paminggir Baroto dan Dra Riche Hariyati itu mengaku siap melaksanakan tugas negara tersebut.

"Selama 24 jam kami siap melayani masyarakat. Silakan masyarakat menghubungi Polsek Candisari di nomor 0248504900," kata wanita yang tinggal di Kawasan Manyaran, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah itu.

Bagi Iptu Dhayita, jabatan strategis saat ini adalah bentuk tanggung jawab baru yang harus dilaksanakan secara maksimal. Terutama demi menjalankan tugas sesuai amanat lembaga Polri untuk melayani, mengayomi dan mengabdi kepada masyarakat.

"Suatu kebahagian tersendiri karena bisa mengemban tugas mulia dengan penuh tanggungjawab," pungkasnya.

Posting Komentar Blogger

 
Top