0
21 Fakta Telur yang Perlu Anda Tahu

1. Telur adalah obat sempurna saat pengar. Kandungan tinggi sistein, asam amino dalam telur membantu untuk menetralisir asetaldehida, penyebab utama kondisi pengar. Telur dapat juga membantu tubuh untuk membuang racun yang dibawa oleh minuman keras.

2. Putih telur adalah indikator dari umur telur itu. Telur yang masih segar akan punya warna putih telur yang buram, sebaliknya semakin bening putih telur, semakin tua usia telur itu.

3. Dengan produksi sebanyak 15 milyar telur setiap tahun, negara bagian Iowa adalah produsen telur terbesar di Amerika Serikat. Industri telur ayam di negara ini mampu memperkerjakan 8.000 orang.

4. Akan lebih mudah mengupas kulit telur saat usianya semakin tua dan lapisan udara yang menyelimuti bagian dalam telur membesar dari waktu ke waktu.

5. Menurut standar USDA Program Organik Nasional, telur organik tidak boleh mengandung hormon, anti-biotik, pestisida atau kandungan kimia, dan sang induk tidak boleh diberi pakan yang mengandung GMO, tidak heran jika harga telur organik dua kali harga telur biasa.

6. Telur tidak hanya menyediakan kalori tinggi, tapi juga anti-oksidan yang banyak, vitamin A, B12, D, riboflavin, folat, fosfor dan klorin.

7. Pernah bertanya-tanya apa sebenarnya zat berserat putih berlekuk-lekuk yang menutupi kuning telur? Ini disebut chalaza, fungsinya membantu kuning telur tidak bergerak di dalam cangkang.

8. Ada sekitar 7.000 sampai 17.000 pori-pori kecil di kulit telur yang dapat menyerap bau di sekitar mereka. Jadi pastikan untuk menempatkan telur dalam karton sebelum menyimpannya di lemari es.

9. Cina memasok sekitar 40 persen produksi telur dunia, berarti sekitar 28,8 juta metrik ton setiap tahunnya.

10. Metode lain untuk mengetes kesegaran telur adalah dengan mencelupkannya ke dalam air. Jika telur tenggelam mengindikasikan telur masih segar, sebaliknya jika tenggelam maka telur tersebut sudah jelek atau tidak segar lagi.

11. Seorang mantan wakil Dewan Telur Amerika, Howard Helmer, memegang tiga rekor dunia Guinness untuk membuat omelet. Pencapaiannya mencakup pembuatan 427 omelet dalam 30 menit, membuat sebuah omelet tercepat hanya 42 detik, dan membalik omelet 30 kali dalam 34 detik.

12. Mau tahu caranya mengetahui apakah telur rebus sudah matang tanpa memecahkan cangkangnya? Coba putar telur tersebut. Cairan yang masih tersisa akan membuat telur berputar tidak mulus, sementara telur yang sudah sepenuhnya matang akan berputar sangat mulus.

13. Warna kuning telur tidak menandakan kandungan nutrisianya. Warna tersebut didapat tergantung dari kandungan pigmen dari pakan yang diberikan kepada sang induk.

14. Warna telur ternyata bukan hanya putih dan coklat, beberapa ada yang berwana biru, kemerahan, dan bahkan berbintik-bintik.

15. Rata-rata, seekor ayam betina bisa bertelur sebanyak 250-279 butir setahun.

16. Putih telur mengandung 57 persen protein telur. Jadi jangan buang kuning telur jika ingin mendapatkan keseluruhan nilai protein sebuah telur.

17. Telur dengan cangkang putih sama bernutrisinya dengan yang berwarna coklat. Warna cangkang tidak mengindikasikan apa-apa kecuali makanan dari sang induk.

18. Kuning telur mengandung vitamin B-komplek yang disebut kolin, yang sangat berguna untuk menjaga sel-sel otak dan sistem saraf.

19. Telur ayam bukan satu-satunya yang bisa dimakan, telur burung Emu, burung puyuh, bebek, angsa dan burung unta juga dimakan sebagian orang di beberapa negara.

20. Jangan membuang telur saat tanggal kedaluwarsa mereka tiba. Menurut USDA, telur masih dapat dikonsumsi selama tiga sampai lima minggu setelah tanggal jual yang tertulis.

21. Jangan jijik jika melihat sedikit darah di dalam sebuah telur. Itu adalah pembuluh darah kecil yang pecah dari kuning telur, dan aman untuk dimakan.

Posting Komentar Blogger

 
Top